Makanan bergizi adalah salah satu asupan yang diperlukan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Terutama bagi anda yang sedang mengalami batuk, makanan bergizi dapat membantu meredakan gejala batuk dengan cepat. Majalahjogja.com akan membahasnya di artikel ini.

5 Jenis Makanan Bergizi yang Dapat Membantu Meredakan Batuk dengan Cepat

Batuk ringan biasanya dapat mereda dengan sendirinya. Walaupun begitu, anda perlu mengambil tindakan supaya batuk yang melanda dapat segera sembuh. Berikut ada lima jenis makanan bergizi yang dapat membantu anda meredakan batuk dengan cepat.

1. Madu

Mengonsumsi madu sebagai alternatif untuk meredakan batuk adalah pilihan yang paling aman. Madu yang dikonsumsi secara rutin dapat membantu meredakan iritasi tenggorokan dan mengurangi intensitas batuk. Campurkan satu sendok madu ke dalam teh hangat atau air lemon untuk merasakan manfaatnya.

2. Jahe

Selain madu, jahe juga dapat ditambahkan ke dalam teh atau makanan anda untuk membantu mengurangi gejala batuk. Jika iritasi tenggorokan semakin parah, konsumsi air jahe hangat dipercaya untuk meredakan batuk dengan cepat.

3. Bawang Putih

Mengonsumsi bawang putih mentah atau ditambahkan ke dalam makanan anda adalah pilihan terbaik untuk membantu meredakan batuk. Disamping itu, kandungan senyawa yang ada di dalam bawang putih juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

4. Buah Citrus

Jenis makanan bergizi lainnya yang dapat membantu meredakan batuk adalah buah-buahan citrus yang mengandung banyak vitamin C. Mulai dari jeruk, lemon dan grapefruit, sangat bagus dikonsumsi selama masa pemulihan.

5. Sayuran Hijau

Bayam, kale, kangkung adalah jenis sayuran berdaun hijau yang bagus dikonsumsi untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh. Kandungan nutrisi penting didalamnya dipercaya dapat mengurangi risiko terkena batuk. Untuk itu, tidak ada salahnya mengonsumsi syuran hijau secara berkala untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Demikianlah ulasan singkat seputar jenis-jenis makanan bergizi yang dapat dikonsumsi untuk membantu meredakan gejala batuk. Sebelum cek ke dokter untuk mendapatkan obat batuk berdahak paling ampuh, penting bagi anda mendapat asupan makanan bergizi untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh. Semoga artikel ini bermanfaat ya!